Menu

Mode Gelap
Polres Purwakarta,Raih Penghargaan Peringkat Pertama IKPA Dari KPPN Purwakarta Keren,Anak Anggota Satpolairud Polres Purwakarta Sabet 9 Medali di West Java Swimming Competition 2022 Polisi Di Purwakarta,Amankan Dua Dari Lima Pelaku Pengeroyokan Seorang Pemuda Warga Munjul Jaya Polsek Purwakarta Kota,Intensif Lakukan Patroli Blue Light Guna Berikan Rasa Aman dan Nyaman Di Masyarakat Guna Wujudkan Wilayah Aman dan Kondusif,Jajaran Polsek Pasawahan Intensif Gelar KRYD

Daerah · 20 Jan 2023 19:29 WIB ·

Jabar-Sulteng,Tandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama Memajukan Kedua Daerah


 Jabar-Sulteng,Tandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama Memajukan Kedua Daerah Perbesar

Infotipikor.com,Kota Bandung – Pemda Provinsi Jawa Barat dan Sulawesi Tengah sepakat bekerja sama saling menguntungkan di berbagai bidang.

Jabar-Sulteng akan saling menggali potensi daerah dan sama-sama meningkatkan pelayanan publik. Menjadi objek kerja sama juga di bidang sumber daya mineral, perikanan, pariwisata dan kebudayaan.

Kemudian di bidang koperasi dan usaha kecil, perkebunan, pertanian, pertenakan, ketahanan pangan, perdagangan dan perindustrian, serta penanaman modal.

Selain itu kerja sama juga dalam bidang pelayanan terpadu satu pintu, komunikasi dan informatika, pemberdayaan masyarakat desa, ketenagakerjaan, pengembangan sumber daya manusia, dan urusan pemerintahan lainnya.

Gubernur Ridwan Kamil dan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menandatangani Nota Kesepakatan Bersama di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jum’at (20/1/2023).

Adapun yang jadi target kerja sama adalah sinergi program dan perencanaan pembangunan untuk memaksimalkan potensi kedua daerah.

Dari pembicaraan antargubernur, terungkap Sulteng tertarik ingin sekali belajar mereformasi birokrasi dengan lebih cepat seperti yang telah ditunjukkan Jabar.

“Saya kedatangan Gubernur Sulawesi Tengah Pak Rusdy Mastura yang ingin mempelajari reformasi birokrasi. Merit system kita juara satu terbaik se-Indonesia,” ujar Ridwan Kamil.

Tentu saja, Pemdaprov Jabar yang memiliki birokrasi dengan _merit system_ terbaik di Indonesia, siap menjadi _benchmark_ bagi Sulteng untuk memperkuat birokrasinya.

“Saya kira semua ilmu yang dianggap baik silakan, gratis, didukung termasuk bersekolah di BPSDM kita,” kata Ridwan Kamil.

Di satu sisi, Gubernur Ridwan Kamil berharap Sulteng membuka pintu selebar – lebarnya bagi investor asal Jabar. Targetnya dalam dua tahun atau paling cepat di tahun pertama kerja sama, ada pengusaha Jabar yang berbisnis dan maju di Sulteng.

“Kami harap dibukakan pintu investasi, Jangan hanya pengusaha nasional yang ke Sulteng. Urusan nikel kami juga ada perusahaan, ada pengusaha-pengusaha. Cuma karena kurang informasi jadi tidak masuk (ke daerah lain),” pungkas Gubernur.

Dengan penandatanganan kesepakatan ini, Ridwan Kamil berharap dapat membawa kebermanfaatan bagi pemda dan kesejahteraan bagi masyarakat kedua provinsi.

Mendatang, nota kesepakatan bersama antara Pemdaprov Jabar – Sulteng akan direalisasikan ke dalam program yang lebih konkret dan berdampak.

(Redaksi/Humas Pemprov Jabar)

 

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Batal Diundang Di Harlah Satu Abad NU, Uu Ruzhanul: Saya Tidak Masukkan ke Hati

2 Februari 2023 - 15:56 WIB

Uu Ruzhanul : Kabupaten Bekasi Punya Potensi di Sektor Perikanan

30 Januari 2023 - 20:28 WIB

Tinjau Aquarium Indonesia Pangandaran,Uu Ruzhanul : Sangat Indah

30 Januari 2023 - 20:22 WIB

Dalam Rapat Konsolidasi yang Diperluas,PW MIO Indonesia Jawa Barat Lakukan Penggantian Sekretaris

29 Januari 2023 - 11:47 WIB

Polemik Biaya Haji Tahun 2023, Ini Pandangan Rektor UIN SGD Bandung

25 Januari 2023 - 19:01 WIB

Ketua TP-PKK Kota Palu Diah Puspita,Hadiri Sosialisasi dan Pelatihan Kota Kita Ramah Keluarga

25 Januari 2023 - 17:47 WIB

Trending di Daerah