Menu

Mode Gelap
Polres Purwakarta,Raih Penghargaan Peringkat Pertama IKPA Dari KPPN Purwakarta Keren,Anak Anggota Satpolairud Polres Purwakarta Sabet 9 Medali di West Java Swimming Competition 2022 Polisi Di Purwakarta,Amankan Dua Dari Lima Pelaku Pengeroyokan Seorang Pemuda Warga Munjul Jaya Polsek Purwakarta Kota,Intensif Lakukan Patroli Blue Light Guna Berikan Rasa Aman dan Nyaman Di Masyarakat Guna Wujudkan Wilayah Aman dan Kondusif,Jajaran Polsek Pasawahan Intensif Gelar KRYD

Daerah · 6 Jan 2023 19:56 WIB ·

PT. Indorama Bungkam,Pospera Akan laporkan Kecelakaan Kerja Ke Lembaga Sertifikasi ISO dan OHSAS


 PT. Indorama Bungkam,Pospera Akan laporkan Kecelakaan Kerja Ke Lembaga Sertifikasi ISO dan OHSAS Perbesar

Purwakarta,Infotipikor.com – Bungkamnya pihak General Management PT. Indorama Sintentic, Aliaman Saragih, terkait dugaan hilangnya nyawa seorang pekerja kontraktor akibat kecelakaan kerja di perusahaan besar milik orang terkaya nomor tiga, Sri Prakash Lohia,menunjukkan kuatnya kebenaran adanya pekerja yang meninggal dunia.

Ramainya pemberitaan terkait kasus dugaan nyawa yang melayang akibat kecelakaan kerja, tentu menjadi catatan bagi lembaga pemberi sertifikasi ISO 14001, dan OHSAS 18001 yang menyangkut dengan manajemen lingkungan organisasi, sistem manajemen kesehatan,dan keselamatan kerja serta yang terbaru adalah ISO 45001, tentang serangkaian acuan atau standar internasional yang digunakan untuk penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), yang baru didapat oleh PT. Indorama Synthetics Tbk dari lembaga Bereau Veritas pada pertengahan tahun 2022 kemarin.

Ini perlu dikaji ulang terkait pemberian ISO dan OHSAS yang didapat oleh PT. Indorama Synthetics,karena pihak manajemen gagal dalam menjalankan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan perusahaan. Hal itu disampaikan oleh Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Purwakarta, Sutisna Sonjaya saat hubungi mulalui sambungan telepon,Jum’at (06/01/2023).

Menurut Ketua Organisasi besutan Adian Napitupulu, bahwa keselamatan kerja merupakan hal yang prioritas dalam menjalankan organisasi perusahaan, apalagi berkaitan dengan pekerjaan yang beresiko tinggi.

“PT.Indorama ini merupakan perusahaan besar, adanya kecelakaan kerja di lingkungan PT.Indorama perlu adanya kajian ulang terhadap pemberian ISO 45001 dan OHSAS 18001. Bila perlu dicabut ISO dan OHSAS nya yang telah di dapat oleh PT. Indorama tersebut,” jelas dia.

Pihaknya mengaku akan melaporkan peristiwa kecelakaan kerja tersebut kepada lembaga pemberi ISO dan OHSAS,agar dilakukan audit ulang mengenai menejemen keselamatan kerja,” tuturnya.

Kita sambil kumpulkan data-data yang kami terima, kata Lodra sapaan akrab ketua Pospera, kemudian dari data tersebut kita akan sampaikan temuan di lapangan kepada lembaga pemberi sertifikasi ISO dan OHSAS.

“Secepatnya kita bawa berkas untuk diadukan, nanti prosesnya kita awasi lembaga itu dan pantau bersama. Karena ada proses audit yang dilakukan oleh badan sertifikasi,”Pungkasnya.

Sebelumnya, ramai diberitakan terkait kecelakaan kerja di PT. Indorama divisi Polyester yang menelan satu korban jiwa. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa Cibinong yang merupakan lokasi terdekat dari perusahaan terbesar itu.

“Pekerja yang meninggal adalah warga Kampung Sampih RT 05 RW 002 Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, dari insiden kecelakaan di PT Indorama,” terangnya beberapa waktu lalu.

Sementara, General Manager PT Indorama Syntetic Aliaman Sarangi, saat dikonfirmasi oleh media ini melalui pesan WhatApps hanya dibaca. Padahal kejadiaan itu telah mengakibatkan hilangnya satu nyawa manusia atau meningal dunia dan dua dari temannya saat ini sedang kritis. (Team)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Batal Diundang Di Harlah Satu Abad NU, Uu Ruzhanul: Saya Tidak Masukkan ke Hati

2 Februari 2023 - 15:56 WIB

Uu Ruzhanul : Kabupaten Bekasi Punya Potensi di Sektor Perikanan

30 Januari 2023 - 20:28 WIB

Tinjau Aquarium Indonesia Pangandaran,Uu Ruzhanul : Sangat Indah

30 Januari 2023 - 20:22 WIB

Dalam Rapat Konsolidasi yang Diperluas,PW MIO Indonesia Jawa Barat Lakukan Penggantian Sekretaris

29 Januari 2023 - 11:47 WIB

Polemik Biaya Haji Tahun 2023, Ini Pandangan Rektor UIN SGD Bandung

25 Januari 2023 - 19:01 WIB

Ketua TP-PKK Kota Palu Diah Puspita,Hadiri Sosialisasi dan Pelatihan Kota Kita Ramah Keluarga

25 Januari 2023 - 17:47 WIB

Trending di Daerah