Menu

Mode Gelap
Polres Purwakarta,Raih Penghargaan Peringkat Pertama IKPA Dari KPPN Purwakarta Keren,Anak Anggota Satpolairud Polres Purwakarta Sabet 9 Medali di West Java Swimming Competition 2022 Polisi Di Purwakarta,Amankan Dua Dari Lima Pelaku Pengeroyokan Seorang Pemuda Warga Munjul Jaya Polsek Purwakarta Kota,Intensif Lakukan Patroli Blue Light Guna Berikan Rasa Aman dan Nyaman Di Masyarakat Guna Wujudkan Wilayah Aman dan Kondusif,Jajaran Polsek Pasawahan Intensif Gelar KRYD

Ekonomi & Bisnis · 9 Des 2022 11:53 WIB ·

Dalam Rangka Program Ketahanan Pangan,Kelompok Tani Desa Cijaya Mengikuti Bimtek 


 Dalam Rangka Program Ketahanan Pangan,Kelompok Tani Desa Cijaya Mengikuti Bimtek  Perbesar

Purwakarta,Infotipikor.com – Program Pemerintah Desa Cijaya Kecamatan Campaka melalui program ketahanan pangan nabati, sebagai bentuk pertanggungjawaban atas anggaran yang mesti dilaksanakan melalui penanaman jagung varietas unggulan jenis syngenta, dengan luas lahan 4 hektar.

“Saat ini kondisi tumbuhan cukup bagus sesuai harapan dengan masa tanam sekitar 50 hari sudah keluar putri,dengan masing-masing pohon dua tongkol,” ungkap H Tri Sutrisna, Kepala Desa Cijaya, saat Bimtek di kebun, Jum’at (9/12).

Menurutnya, dengan bimbingan teknik dari Dinas khususnya Dinas Pertanian melalui BPP, kelompok tani Pelita Jaya dan Pelita Jaya 1, sebagai pengelola mendapatkan arahan agar tumbuhan tumbuh dengan baik sesuai harapan baik teknis penanaman, pemupukan dan perawatan.

“Kelompok tani ini mendapatkan bimbingan dari Dinas terkait khususnya BPP selaku Dinas yang bertanggung jawab soal pertanian.Dimana, kelompok tani ini diberikan arahan dan bimbingan mulai penanaman, pemupukan sampai perawatan sehingga nantinya menjadi acuan bagi petani agar hasilnya maksimal,” jelasnya.

“Alhamdulillah,sudah terlihat hasil dari jerih payah pengelola khususnya kelompok tani yang mengelola penanaman jagung ini, berkat kerjamasama semua pihak sehingga hasilnya sudah sesuai harapan, tanaman tumbuh subur dengan kondisi tumbuhan cukup sehat,” imbuhnya.

“Kami berharap melalui program ketahanan pangan dengan penanaman jagung saat ini,menjadikan motivator khususnya bagi warga masyarakat Desa Cijaya untuk turut serta mengolah tanahnya, karena akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Jangan seperti saat ini yang orientasinya ke industri khususnya generasi muda kerja di pabrik,” tegasnya.

“Mari kita ciptakan lingkungan kita dengan memanfaatkan lahan yang ada,karena saat ini kita prihatin hampir semua generasi muda saat ini bekerja disektor industri,padahal orang tua kita dulu hampir mayoritas petani,” tutupnya.

Dalam bimbingan teknik kelompok tani Pelita Jaya dan Pelita Jaya 1 dihadiri Dinas Pertanian melalui BPP, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Campaka, staf Kecamatan dan dibuka acara oleh Kepala Desa Cijaya.

(Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Program RKIH Penanaman Jambu Kristal,Didukung Pemdes Cimahi

30 Januari 2023 - 16:45 WIB

Kabar Gembira Bagi Petani Sawit Mandiri, PT.HIP Buol Naikan Pembelian TBS Menjadi Rp.1900 Per Kg

24 Januari 2023 - 05:37 WIB

Perum Jasa Tirta II Purwakarta,Masuk Dalam Jajaran 19 BUMN Informatif

15 Desember 2022 - 18:13 WIB

Taour & Travel Haji dan Umroh PT Cahaya Raudhah,Gelar Diklat dan Bimbingan Calon Agen Cabang Purwakarta

7 Desember 2022 - 19:24 WIB

Serius Dalam Pengembangan SDM,Jasa Tirta II Mengadakan Pelatihan Terkait dengan Management Resik

26 November 2022 - 11:18 WIB

Hore! Sekitar 50.000 Rumah di Bandung Timur,Bakal Teraliri Air Bersih

10 November 2022 - 15:48 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis