Menu

Mode Gelap
Polres Purwakarta,Raih Penghargaan Peringkat Pertama IKPA Dari KPPN Purwakarta Keren,Anak Anggota Satpolairud Polres Purwakarta Sabet 9 Medali di West Java Swimming Competition 2022 Polisi Di Purwakarta,Amankan Dua Dari Lima Pelaku Pengeroyokan Seorang Pemuda Warga Munjul Jaya Polsek Purwakarta Kota,Intensif Lakukan Patroli Blue Light Guna Berikan Rasa Aman dan Nyaman Di Masyarakat Guna Wujudkan Wilayah Aman dan Kondusif,Jajaran Polsek Pasawahan Intensif Gelar KRYD

TNI - POLRI · 2 Feb 2023 13:39 WIB ·

Guna Menekan Penggunaan Knalpot Bising,Polres Purwakarta Gelar Ruksus


 Guna Menekan Penggunaan Knalpot Bising,Polres Purwakarta Gelar Ruksus Perbesar

Infotipikor.com,Purwakarta – Warga Kabupaten Purwakarta resah oleh penggunaan Sepeda motor berknalpot bising. Untuk menekan penggunaan knalpot bersuara berisik itu, Polres Purwakarta menggelar Riksus.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Warjo mengatakan, Riksus ini dilakukan merupakan tindakan lanjut keluhan dari masyarakat akan suara bising yang ditimbulkan para pengendara knalpot brong.

“Kami menerima banyak keluhan dari warga soal knalpot brong karena dianggap mengganggu dan sangat berisik, jadi kali ini kami lakukan Riksus,” ucap Warjo, pada Kamis, 2 Februari 2023.

Menurut Warjo, penindakan terhadap pengguna knalpot bising atau brong ini dilaksanakan sesuai imbauan langsung Kapolda Jawa Barat serta Kapolres Purwakarta dan penindakan terhadap pengguna knalpot bising merujuk Pasal 285 ayat (1) jo Pasal 106 ayat 3 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Penggunaan knalpot bising atau brong dilarang karena bersuara bising dan dianggap mengganggu masyarakat lain, hal ini juga tidak sesuai dengan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 285,” ucap Warjo.

Pengendara yang terjaring Riksus knalpot bising selanjutnya kendaraannya akan langsung diamankan untuk proses lebih lanjut.

“Kami beri tindakan kepada pengendara yang menggunakan knalpot bising atau brong dan kami beri sanksi dengan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile atau Tilang Elektronik berbasis ponsel serta langsung diminta diganti knalpot standar. Sedangkan yang tidak di lengkapi surat di berikan Surat Tanda Penerima (STP) dari Reskrim,” jelas Warjo.

Selain kendaraan roda dua, sambung dia, ke depan pihaknya juga akan meRiksus kendaraan roda empat dan jika kedapatan maka Satlantas Polres Purwakarta akan memberikan sanksi tilang ETLE mobile.

“Jadi ini tidak hanya berlaku untuk motor tapi kendaraan roda empat juga akan diberlakukan, olehnya itu kami mengimbau kepada pengendara agar tertib lalulintas, salah satunya menggunakan knalpot yang standar,” tutur AKP Warjo.***

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ciptakan Sitkamtibmas Yang Kondusif Selama Bulan Ramadhan,Jajaran Polsek Bungursari Tingkatkan Patroli

1 April 2023 - 21:23 WIB

Kapolsek Talaga : Disaat Warga Sedang Mengalami Kedukaan, Kita Berusaha Hadir dan Berada Bersama Mereka

1 April 2023 - 17:16 WIB

Cepat Tanggap,Polsek Argapura Bersama Muspika Tinjau Lokasi Tanah Longsor di Desa Cikaracak

1 April 2023 - 17:09 WIB

Ramadhan Berbagi, Bhabinkamtibmas Polsek Banjaran Bagikan Takjil

1 April 2023 - 17:01 WIB

Jajaran Polsek Cibatu,Terus Melakukan Tarawih Keliling (Tarling) Selama Bulan Ramadhan 1444 H

1 April 2023 - 15:10 WIB

Antisipasi Terjadinya Gangguan Kamtibmas,Jajaran Polsek Jatiluhur Gelar Patroli Malam Hingga Menjelang Sahur

1 April 2023 - 13:02 WIB

Trending di TNI - POLRI