Menu

Mode Gelap
Polres Purwakarta,Raih Penghargaan Peringkat Pertama IKPA Dari KPPN Purwakarta Keren,Anak Anggota Satpolairud Polres Purwakarta Sabet 9 Medali di West Java Swimming Competition 2022 Polisi Di Purwakarta,Amankan Dua Dari Lima Pelaku Pengeroyokan Seorang Pemuda Warga Munjul Jaya Polsek Purwakarta Kota,Intensif Lakukan Patroli Blue Light Guna Berikan Rasa Aman dan Nyaman Di Masyarakat Guna Wujudkan Wilayah Aman dan Kondusif,Jajaran Polsek Pasawahan Intensif Gelar KRYD

Ragam & Olah Raga · 13 Nov 2022 20:13 WIB ·

Pengelola Bank Sampah Di RT 06 Desa Cilalawi,Didatangi Wakil Ketua DPD PDIP Jabar H.Toto Suripto.SE,SH,MH Ada Apa?


 Pengelola Bank Sampah Di RT 06 Desa Cilalawi,Didatangi Wakil Ketua DPD PDIP Jabar H.Toto Suripto.SE,SH,MH Ada Apa? Perbesar

Purwakarta,Infotipikor.com – Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat H.Toto Suripto.SE,SH,MH  melakukan kunjungan ke Bank sampah milik Jamaludin yang berlokasi di RT 06 Desa Cilalawi, Kecamatan Sukatani,Minggu (13/11/2022).

Menurut Ketua Bank sampah dan juga menjabat sebagai Ketua RT 06 Jamaludin,bahwa, terima kasih atas kunjungan Bapak H.Toto Suripto Wakil Ketua DPD PDIP Jabar,dan juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karawang,yang sudah menyempatkan waktunya ke lingkungan kami untuk meninjau langsung proses Bank sampah yang kami kelola ini.

“Saya mendirikan Bank sampah ini di awal Bulan Juli Tahun 2022 yang lalu, ini sudah berjalan sekitar 5 bulan,dimana sampah kita pungut langsung ke setiap rumah warga.Tujuan didirikannya Bank sampah sebenarnya adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah,”Ujarnya.

Lanjut,Jamal menjelaskan,bahwa Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan,tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah.

“Warga yang menabung juga disebut nasabah dan memiliki buku tabungan serta dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam. Alhamdulillah,kami sudah mempunyai nasabah sekitar 80 KK dari warga Desa Cilalawi, dan Insya Allah ini bisa bertambah terus, Sampah yang ditabung,ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang yang nantinya akan dijual ke penampung yang sudah bekerja sama,”Jelasnya.

Harapan saya kepada Pemerintah Desa mau memfasilitasi kami dengan menyediakan bak penampungan sampah sementara di setiap lorong atau Gang-gang, yang memudahkan kami dalam melakukan pengambilan sampah,”Harap Jamal.

Sementara Wakil Ketua DPD PDIP Jabar yang juga Wakil Ketua DPRD Karawang H.Toto Suripto SE,SH.MH,mengapresiasi kepada seluruh jajaran pengurus Bank sampah ini, di mana mau mengelola sampah yang nota bene bau dan kotor, menjadi sumber ekonomi bagi lingkunganya.

“Sampah ini sudah menjadi permasalahan yang komplek di mana-mana, yang harus kita sama-sama memecahkan permasalahanya,contoh di Kabupatan Karawang saja 9 rb m³ perbulanya dan di Kabupaten Purwakarta sekitar 6 rb m³, kalau tidak di buat manajemen yang baik dalam pengelolaanya, kedepan kita akan kerepotan untuk tempat pembuangan akhir,” Ucap Toto.

Saya menyarankan sisa dari pemilahan sampah itu nanti bisa dikelola, dan dijadikan pupuk kompos serta bahan-bahan yang bernilai ekonomis lainya.
Hal ini akan saya kordinasikan dengan Ibu Hj. Iis Turniasih anggota DPRD Jabar yang naik dari dapil X Purwakarta dan Karawang, untuk bisa membantu pembelian mesin penghancur sampah.Mesin ini harganya sekitar 35 juta, dan ini saya usahakan agar bisa terealisasi untuk memperlancar kegiatan Bank sampah dan pengelolaan sampah ini,” Pungkas Toto yang juga akan  mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari partai PDI-P.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PAC PDIP Kecamatan Sukatani, Yamin beserta jajaranya, Ketua Ranting PDIP Desa Cilalawi Accu beserta jajaranya,beberapa Ketua RT setempat,beberapa orang nasabah serta jajaran Bank sampah Desa Cilalawi.

(Redaksi)

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Warga Rw 04 Perum Kotabaru-Kahuripan,Lakukan Kerja Bakti Bersihkan Makam

29 Januari 2023 - 09:39 WIB

Ratusan Karateka INKANAS,Gelar Latihan Bersama di Halaman Mako Polres Purwakarta

28 Januari 2023 - 18:41 WIB

UIN SGD Bandung,Ambil Bagian Dalam Kegiatan Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Kemenag RI

22 Januari 2023 - 16:38 WIB

Ingin Tahu Ekosistem Taman Cinta Masjid? Ayo Kunjungi UIN SGD Bandung

20 Januari 2023 - 05:45 WIB

ITB Jatiluhur International TRIATHLON 2023,Dinodai Ucapan Oknum Panitia Yang Tidak Bersahabat Dengan Wartawan

15 Januari 2023 - 15:17 WIB

Bupati Purwakarta,Buka ITB Jatiluhur International Trialthon 2023

15 Januari 2023 - 14:16 WIB

Trending di Ragam & Olah Raga